Jumat, 27 Juli 2012

Tips Atau Cara Sederhana Merawat Ban Mobil

Salah satu komponen vital pada mobil adalah Ban. Tidak sedikit kecelakaan yang terjadi dijalanan adalah diakibatkan oleh Ban yang tidak dirawat dengan baik serta pengemudi tidak mengontrol dengan benar tekanan angin yang ada pada Ban mobil yang ia kemudikan.
Berikut ini ada beberapa tips penting mengenai “Cara merawat ban mobil” yang kami rangkum dari berbagai sumber termasuk bengkel resmi Hyundai :
  • Ketika Bapak Ibu akan bepergian, pastikan dulu untuk memperhatikan komponen lain termasuk Ban yaitu tekanan Ban atau dengan kata lain Bapak Ibu selalu mengecek tekanan Ban minimal sebulan sekali, karena ban mobil akan mudah panas atau aus jika tekanannya tidak sesuai dengan standard tekanan yang diharuskan.
  • Pengecekan tekanan sebaiknya dilakukan pada saat suhu ban dalam keadaan dingin.
  • Cari tahu di bengkel tekanan yang normal dengan jenis kendaraan Bapa Ibu, atau bisa juga dilihat pada sticker yang ada pada bagian dalam dari pintu mobil Bapak Ibu atau pada buku manualnya.
  • Gunakan uang logam untuk melihat apakah ban mobil anda sudah gundul sama sekali, dengan cara meletakan uang logam pada tapak ban kendaraan dan jika Bapak Ibu mengangkat serta melihat gambar uang logam tersebut pada ban berarti sudah waktunya untuk mengganti ban.
  • Ketika sedang mengemudi, hindarilah jalanan karena kerikil yang tajam dapat merusak keseimbangan dari Ban mobil.
  • Sebaiknya membuat sebuah schedule untuk menukarkan ban kendaraan, ban depan dipasang pada ban belakang setiap 6000 mil. Menurut beberapa mekanik, hal ini bisa menjaga kestabilan serta masa waktu pemakaian ban.
  • Tidak dianjurkan untuk mengemudi kendaran yang bannya tanpa pentilnya. Hal ini sangat jelas pada berkurangnya tekanan dan pemicu kecelakaan.
  • Pertimbangkan bobot muatan, karena jika berlebihan akan membuat tekanan yang luar biasa besar terhadap ban. Dengan adanya tekanan yang berlebihan, ban mobil bisa saja meledak ketika Bapak Ibu sedang mengemudi.
Jika Bapak Ibu mempunyai beberapa tips dan trik untuk merawat ban, silahkan berbagi melalui kolom komentar yang ada dibawah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar