Jumat, 27 Juli 2012

Tips Memilih Mobil Matik

Mobil bertransmisi otomatis atau matik makin diminati masyarakat. Bila Anda ingin membeli sebuah mobil bertransmisi otomatis dalam keadaan bekas atau second, sebaiknya hati-hati memilihnya. Ada beberapa tips ringan yang bisa dijalankan untuk mengetahui kondisi transmisi matik mobil yang Anda incar. Pertama minta kesempatan test drive mobil matik yang Anda incar. Lalu perhatikan beberapa hal ringan berikut.
Hidupkan mesin mobil Anda. Tidak usah pakai AC. Saat Anda nyalakan dengar dengan seksama suara mesin mobil tersebut. Bila ada suara mendenging ‘nging’ yang tidak lazim, kemungkinan besar umur transmisi itu tidak akan lama lagi. Pertimbangkan itu sebelum membeli mobil itu. Setelah suara mesin sudah anda teliti, mulai pindahkan tuas dari mode Parking (P) ke Netral (N). Pindahkan tuas dari P ke N lewat modus R. Perhatikan, apakah mobil menghentak dengan tidak lazim. Kalau menghentak dan ada bunyi ‘jedak’ yang tidak lazim, besar kemungkinan transmisi matiknya mudah bermasalah.
Pindahkan kembali tuas transmisi mobil incaran anda itu dari posisi Netral (N) ke posisi Drive (D). Kembali perhatikan apakah ada hentakan yang tidak lazim atau bunyi jedak yang juga tidak biasa. Bila ada hentakan tidak lazim dan bunyi jedak ketika kita mulai memindahkan tuas transmisi dari N ke D, kondisi transmisi kemungkinan sudah rentan bermasalah.

Sumber: solusimobil.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar